Author Guidlines

A. Abstract:

The abstract contains a brief description and clear, and explain the entire contents of the article. Abstract writing pressure primarily on the research results. Abstract written in English and Indonesian language a maximum of 200 words on each abstract is followed by keywords 3-5 words. Keywords can be either single words or combinations of words. Keywords used to describe the realm of the issues, and the terms underlying the content of the study. The keywords are required for computerization. Research and abstract title search made easy with these keywords. Typing abstract done with single spacing, font Sitka Heading 10, with a margin narrower than the left and right margins of the main text.

Keywords: abstract, keywords, format.

B. Pendahuluan

Untuk menjaga kualitas isi dan penampilan artikel dalam Jurnal IJLIL: Indonesian Journal of Law and Islamic Law, maka artikel yang dikirim ke redaksi IJLIL harus mengikuti ketentuan-ketentuan teknis berikut ini. 

Ketentuan artikel yang ditulis merupakan tulisan konseptual atau hasil penelitian tentang hukum dan hukum Islam yang belum pernah diterbitkan dalam media cetak atau online. Artikel dapat dikirimkan dalam file attachment melalui Open Journal Systems (OJS) Jurnal IJLIL di https://ijlil.iain-jember.ac.id/index.php/ijl dengan melakukan register author. Artikel diserahkan paling lambat dua bulan sebelum jurnal diterbitkan.

Artikel yang masuk ke redaksi akan diperiksa terlebih dahulu oleh Redaksi Pelaksana sebelum diserahkan kepada Mitra Bestari (Reviewer/Pakar) yang ditunjuk. Redaksi akan mengembalikan artikel yang menyimpang dari ketentuan penulisan. Adapun artikel yang sudah sesuai ketentuan penulisan akan diserahkan kepada Mitra Bestari untuk diperiksa. 

C. Sistematika Penulisan Artikel

Sistematika penulisan Jurnal IJLIL tergantung pada jenis artikel yang ditulis. Bila tulisan berupa artikel konseptual, maka sistematika penulisannya terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar pustaka. Sedangkan bila tulisan berupa artikel hasil penelitian, maka terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, penutup dan saran, dan daftar pustaka.

D. Format Umum Penulisan

1. Layout

??Badan artikel disusun dalam satu kolom. Setiap artikel yang dikirim harus sesuai dengan spesifikasi berikut ini: 

??Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia baku dengan font Constantia ukuran 11.

??Jumlah halaman untuk setiap artikel antara 6000 s/d 7000 kata atau antara 20-30 halaman lebih.

??Artikel ditulis dalam format Microsoft Word disimpan dalam format rtf.

??Ukuran kertas (16 cm x 23 cm) 

??Margin kiri sebesar 3 cm, margin atas, kanan dan bawah untuk seluruh halaman artikel sebesar 2,5 cm. 

??Jarak Header dan Footer dari tepi kertas sebesar 2,5 cm. 

??Silahkan download TEMPLATE jurnal IJLIL yang tersedia di websit.

2. Ketentuan Huruf dan Paragraf

Font yang digunakan adalah Arial Black untuk judul artikel dengan ukuran 14 point spasi single/1. Sedangkan untuk nama penulis, afiliasi, alamat email, abstrak, kata kunci, footnote serta header menggunakan font Sitka Heading. Adapun ukuran font yang harus digunakan adalah 11 point (untuk nama penulis), 9 point (untuk afiliasi dan alamat email), 10 point (untuk abstrak dan kata kunci), serta 8 point (untuk footnote dan header) dengan spasi single/1. Adapun badan tulisan, judul bagian dan subbagian menggunakan font Constantia dengan ukuran 11 point dengan spasi 1,5. Setiap judul bagian atau subbagian ditulis dengan cetak tebal (bold). Sedangkan judul “Daftar Pustaka” ditulis menggunakan font Constantia ukuran 12 point bold, buku/sumber rujukan dalam daftar pustaka dengan ukuran 12 point dengan spasi 1,5.

Judul ditulis di tengah (center) bagian atas pada halaman pertama. Nama penulis (tanpa gelar) diletakkan di bawah judul, dilanjutkan dengan afiliasi dan alamat email penulis pertama, semua ditempatkan di tengah (center). Abstrak harus ditulis di tengah (center) setelah identitas penulis serta ditulis dalam dua bahasa yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak berbahasa Inggris ditulis sebelum abstrak berbahasa Indonesia. Indent kiri dan kanan abstrak adalah sebesar 0,5 cm. Adapun untuk setiap awal paragraf ditulis menjorok ke dalam dengan indent 0,75 cm. Tulisan “Daftar Pustaka” ditempatkan di tengah (center). Penulisan buku/sumber dalam daftar pustaka yang lebih dari satu baris, baris kedua dan seterusnya ditulis menjorok ke dalam dengan indent 0,75 cm.

3. Penulisan Judul

Judul artikel: harus ditulis seluruhnya dengan huruf kapital. Judul yang lebih dari dua baris disusun membentuk piramida terbalik. Judul bagian: harus ditulis dengan huruf kapital pada awal kata kecuali kata sambung dalam jenis bold. Judul subbagian: harus ditulis dalam jenis bold, dengan huruf kapital di awal kata, dan diletakkan tanpa indent (tidak menjorok). Subbagian diberi nomor yang diawali oleh nomor bagian. Judul sub-subbagian: harus ditulis dalam jenis bold, dengan diberi nomor berurut yang diawali oleh nomor subbagian. Judul sub-subbagian diletakkan tanpa indent (tidak menjorok). 

4. Penulisan Header dan Footer

Ketentuan penulisan header dan footer pada jurnal IJLIL sebagai berikut. Khusus untuk halaman pertama tidak menggunakan Header. Adapun footer halaman pertama terdiri dari nama jurnal, volume, nomor, bulan dan tahun terbit jurnal, serta ISSN jurnal yang akan dimutakhirkan oleh Redaksi. Footer tersebut ditulis seluruhnya dengan huruf kapital dan menggunakan font Franklin Gothic Heavy ukuran 8 point. 

Untuk halaman selanjutnya setelah halaman pertama, Header pada nomor halaman genap terdiri dari judul artikel jurnal dengan huruf kapital di awal kata, ditulis dengan font Leelawadee UI Semilight ukuran 8 point, rata kanan (align right). Dan pada header nomor halaman genap terdiri dari nama-nama penulis artikel dipisahkan dengan tanda koma dan ditulis dengan huruf kapital di awal kata, font Leelawadee UI Semilight ukuran 8 point, rata kiri (align left). Jika penulis lebih dari 2 orang, maka hanya tuliskan nama penulis pertama saja, diimbuhi dengan kata et al.

Adapun footer untuk seluruh halaman dalam artikel kecuali halaman pertama mempunyai bentuk footer yang sama. Footer terdiri dari tulisan nama jurnal, volume, nomor, bulan terbit dan tahun terbit jurnal ditulis dalam font Franklin Gothic Heavy ukuran 8 point. Contoh: IJLIL Vol. 2. No. 1. Januari 2021. Footer tersebut ditulis berdampingan dengan nomor halaman, dengan posisi nomor halaman di sebelah kiri dan footer di sebelah kanan. Adapun nomor halaman dimulai dengan angka 1 ditulis dalam font Franklin Gothic Heavy ukuran 16 point. Pada halaman pertama nomor halaman tidak ditampilkan. Nomor halaman akan dimutakhirkan oleh Redaksi pada saat dimuat. Format untuk semua header dan footer dalam template ini dapat langsung digunakan.

5. Penulisan Sumber dan Daftar Pustaka

Daftar pustaka/ rujukan minimal 20 referensi. Semua sumber yang dicantumkan dalam daftar pustaka harus dirujuk dalam badan artikel/ tulisan, dan hanya pustaka yang dirujuk di dalam artikel/tulisan yang dicantumkan dalam daftar pustaka. Sumber ditulis menggunakan footnote; dengan format penulisan nama penulis, koma, judul buku (ditulis miring/ italic), ditulis dalam kurung (tempat terbit: penerbit, tahun terbit), koma, angka halaman dengan menggunakan humanities style. Contoh footnote: Mohd. Idris Ramulyo, Hukum Perkawinan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1999), 87. Adapun penulisan daftar pustaka diurutkan secara alfabetis berdasarkan nama belakang penulis buku/sumber. Contoh penulisan daftar pustaka dapat dilihat pada bagian terakhir petunjuk ini.

6. Gambar dan Tabel

Hanya gambar dan tabel yang memiliki relevansi secara langsung dengan pembahasan yang dapat dicantumkan dalam artikel. Gambar dan tabel diletakkan di tengah, sesuai redaksi/ kalimat yang dirujuk sebagai pembahasannya. Setiap gambar (foto, grafik, dan diagram) serta tabel harus dilengkapi dengan keterangan/judul dan nomor gambar atau tabel sesuai urutan, ditulis di bawah gambar atau tabel pada posisi tengah dengan font ukuran 9 point. Misal: “Gambar 1. Calon pasangan presiden dan wakil presiden pada pemilu 2019”, “Tabel 1. Jumlah Perolehan Suara masing-masing pasangan dalam pemilu tahun 2019”. Gambar atau tabel tersebut dirujuk dalam artikel sebagai “Gambar 1” atau Tabel 1”. Semua gambar sebaiknya dikompres sehingga memiliki resolusi maksimum 220 dpi. Jika gambar atau tabel diambil dari sumber lain, tetap cantumkan sumber asal gambar atau tabel tersebut diambil sebagai bagian dari judul gambar atau tabel. Judul gambar atau tabel yang lebih dari satu baris dituliskan seperti piramida terbalik. Ukuran huruf untuk isi tabel disesuaikan dengan kebutuhan dan memperhatikan keterbacaan. Jika sangat dibutuhkan, jenis huruf pun bisa disesuaikan dengan huruf yang lebih simple.

E. Penutup

Penutup bersisi simpulan dan saran. Simpulan memuat ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan, mengacu pada tujuan penelitian. Saran disusun berdasarkan temuan penelitian yang telah dibahas. Isi penutup menggunakan huruf dan gaya paragraf yang sama dengan bagian lainnya. Dalam penulisan penutup tidak diperbolehkan menggunakan bullet atau nomor. Penutup ditulis seringkas mungkin agar mudah dipahami sebagai kesimpulan.

Untuk menghindari kesalahan penulisan artikel, kami sarankan kepada setiap author IJLIL agar menggunakan dokumen/ template ini sebagai master. Sehingga author tinggal hapus isi petunjuk penulisan ini, namun sebelumnya harap save as terlebih-dahulu sesuai dengan nama file yang diminta. Bila mengalami kesulitan, Redaksi IJLIL akan membantu dan memperjelas sesuai yang dibutuhkan. Semoga petunjuk ini berguna bagi para penulis/ author

F. Bibliography Format

Use thurabian full noote